Rabu, 17 Oktober 2012

Saran saran bagi investor

Saran - Saran Bagi Investor dalam berinvestasi pada Pasar Modal


Berikut ini adalah saran-saran yang dapat digunakan untuk melindungi calon investor:

(a)Jangan membeli efek hanya berdasarkan rayuan lewat telepon, mintalah informasi lebih lanjut seacra tertulis sebelum memutuskan untuk membeli.
(b)Hati-hati terhadap bagian pemasaran dari Perusahaan Efek yang mencoba merayu untuk membuat keputusan investasi baik menjual maupun membeli secara terburu-buru.
(c)Jangan membeli efek berdasarkan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya. Akan lebih aman jika memeriksa kebenaran suatu berita. Selain itu perlu diingat bahwa jika membeli atau menjual efek berdasarkan informasi orang dalam (insider information), tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai tindakan ilegal.
(d)Carilah nasihat dari pihak yang berkompeten, jika tidak mengerti informasi di dalam prospektus atau informasi lainnya.
(e)Jangan percaya pada pihak yang menjamin dengan pasti akan adanya keuntungan.
(f)Periksalah referensi dan latar belakang pihak-pihak yang menawarkan efek.
(g)Ingatlah bahwa kinerja yang bagus di masa lalu tidak menjamin kinerja yang sama di masa depan.
(h)Hati-hatilah dengan instrumen investasi yang kurang likuid. Sadarilah bahwa jika berinvestasi di instrumen demikian, seringkali akan susah untuk menjual kembali karena tidak adanya permintaan.
(i)Pastikan untuk mengerti risiko yang mungkin terjadi jika berinvestasi di efek terutama berinvestasi di instrumen derivatif.
(j)Hati-hati dengan spekulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar